Minggu, 13 Maret 2011

5 hewan terunik di dunia

1. Angler Fish

Salah satunya adalah Angler Fish. Nama ilmiahnya adalah Melanocetus johnsonii. Ikan ini biasa disebut ikan sungut ganda. Ia adalah ordo ikan bertulang sejati dan biasa hidup di laut dalam. Angler Fish tinggal di Samudera Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan dari ordo Lophiiformes ini terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar.

Angler Fish adalah ikan karnivora, mulutnya besar, dan bergigi. Ia memang harus menyelam hingga ke dasar laut dan agar bisa menyerang ikan lain. Namun, terkadang ia muncul di permukaan laut untuk memangsa burung laut. Di bagian atas mulutnya terdapat antena yang bisa digerak-gerakkan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa.
2. Monyet Vampire
Vampire rupanya tak hanya ada di film-film. Tetapi, monyet pun adapula yang vampire. Seperti yang kita ketahui tentang vampire, maka hidup monyet vampire ini tergantung dari menghisap darah makhluk lain. Monyet vampire ini ditemukan di China oleh Dr Takeshi Yamada, seorang peneliti asal Jepang. Uniknya, monyet vampire banyak menggunakan tangannya untuk beraktifitas.
3. Axolotl

Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini kadang disebut juga sebagai "Mexican Walking Fish". Ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki.

Namun, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm. Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat kepirangan dan banyak juga yang albino dengan warna yang lucu misalnya merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya. Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk.
4. Dumbo Octopus
Gurita dari genus Grimpoteuthis ini, kadang disebut "Dumbo octopuses". Disebut demikian karena telinga mereka menyerupai sirip ikan yang menonjol di kepala mereka. Padahal, sebenarnya  keseluruhan kepala adalah badan mereka. Dumbo octopus hidup di kedalaman yang ekstrim.

Menurut para ahli, gurita dumbo bisa tumbuh hingga ukuran 20 cm & umumnya berwarna pucat atau kemerahan. Mereka tersebar di seluruh perairan, termasuk di daerah kutub. Umumnya mereka ditemukan di kedalaman antara 100-5000 m, bahkan sempat ditemukan satu spesies di kedalaman 7000 m, suatu rekor untuk Cephalopoda. Mereka yg ditemukan di perairan dangkal ini utamanya hidup di daerah kutub.









5. Star Nosed Mole
Tikus berhidung bintang. Begitu ia biasa dikenal. Melansir pemberitaan Discovery Channel, ternyata spesies unik tikus tanah ini dapat bernapas di dalam air.

Star-nosed mole memiliki nama latin Condylura cristat. Ia dapat dijumpai di Amerika Utara di bagian timur Kanada dan utara-timur Amerika Serikat. Dia mengandalkan hidungnya yang mirip bintang sebab penglihatannya kurang. Namun, penciumannya bisa menjangkau mangsa sekian mil. Selama ini peneliti mengetahui ia termasuk dalam perenang yang baik dan dapat mencari makanan di sepanjang bagian bawah sungai dan kolam.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar